Rabu, 01 Juli 2009

Siapakah Penduduk Mohenjo Daro Harapa ?

--------------------------------------------------------------------------------

Mohenjo daro dan harapa masih jadi misteri perdaban yang sangat modern dengan saluran airnya yang canggih gedung2 rakayat saja rata-rata berlantai tiga KOTA TERSEBUT DIperkirakan berdiri mulai 7000 tahun yang lalu. tiba-tiba hilang secara misterius 3750 tahun yang lalu...
letak peradaban ini disungai indus, sekarang adalah wilayah punjabi daerah india dan pakistan.
ada beberapa spekulasi atas menurunnya peradaban mohenjo daro n harapa (MnH)
diantaranya gempa bumi dasyat kemudian serangan bangsa arya, spekulasi paling dasyat adalah mereka diledakan oleh bom nulklir purba ???
mereka pada diperkirakan memiliki dewa sywa, namun hal ini juga masih meragukan apakah dibangun oleh arya atau bangsa MNH.
mysteri ini belum juga dipecahkan karena tidak bisa dibacanya tulisan bangsa MnD ini, yang jelas hurufnya bukan huruf vedic ( huruf bangsa arya ), kalo dilihat, seperti simbol-simbol gambar.
soal kontak perdagangan diperkirakan mereka bersentuhan juga dengan bangsa mesopotamia(sabit subur euprat dan tigris). karena ditemukanya perhiasan-perhiasan dari peradaban tersebut.
Awal abad ke-20, arkeolog Inggris Marshell mengekskavasi kota kuno Mohenjondaro dan Hara. Hasilnya tingkat kesibukan dan keramaian kedua kota tersebut membuat Marshell terkejut. Ini adalah bekas ibukota dua negara merdeka pada jaman peradaban sungai India antara tahun 2350-1750 sebelum masehi, penelitian lebih lanjut menghasilkan perhitungan, dua kota masing-masing terdapat sekitar 30 hingga 40 ribu penduduk, lebih banyak dibanding penduduk kota London yang paling besar pada abad pertengahan.


Kota dibagi 2 bagian yaitu kota pemerintahan dan kota administratif. Kota administratif adalah daerah pemukiman, tempat tinggal yang padat dan jalan raya yang silang menyilang, kedua sisi jalan banyak sekali toko serta pembuatan barang-barang tembikar. Kota pemerintahan adalah wilayah istana kerajaan. Fondasi bangunan yang luas membuat jarak terhadap penduduk, pagar tembok yang tinggi besar disekeliling dan menara gedung mencerminkan kewibawaan Raja. Sistim saluran air bawah tanah yang sempurna dengan menggunakan bata membuat kehidupan kota manusia sudah berubah menjadi nyata.

Puing-puing menunjukkan Harappa merupakan sebuah kota yang mempunyai rancangan bangunan disekeliling ruang lingkup tertentu, kurang lebih menggunakan bahan yang sama, segalanya sangat teratur, bahwa pada tahun 3000 sebelum masehi, orang-orang membangun kota dengan skala yang sedemikian, memperlihatkan tingginya peradaban mereka.(http://gusmang.blogspot.com/2009_02_01_archive.html)

pertanyaan yang paling mendasara suku bansga apakah mohenjo daro harapa, beberapa spekulasi mereka itu bangsa dravida, memang sekarang bangsa dravida yang hitam pekat. adapula mereka juga ras kaukasia seperti halnya arya sekarang ini ????

spekulasiku.....

btw aku agak, berspekulasi bahwa penduduknya bs saja adalah ras polynesia (malayo-polynesia( ma negara di S mekong, indo,malaysia n sebagian filipina indian amerika,madagaskar),micronesia(ocenia),melanesia(n egrito taiwan, jepang,filipina n papua), ) walaupun versi mainstreamnya penduduk polynesia berasal dari formosa( taiwan), tetapi eksodus pelayaran besar-besaran kira2 sama dengan runtuhnya mohenjo daro harapa 4000 tahun sampai 2000 tahun.
ada hal lain yg memeperkuat asumsi saya adalah bansga dravida yg berkulit hitam pekat dalam versi lisanya mereka itu mengaku berasal dari serendib( swarnadwipa atau sumtra). hal ini menguatkan bahwa persebaran dravida adalah di wilayah malayo-polynesia bukan tidak mungkin setealah kehancuran MND mereka mencari suaka di tempat leluhurnya.. ( maaf asumsi gan)
soal tulisan ini yg gak nyambung, harusnya ada tulisan yg menjadi turunan dari tulisan purba MND, seperti champollion penerjemah bahasa dan tulisan dari mesir kuno karena ada batu rosseta yang menerjemahkan ke bahasa semit kalo hak salah...

dari berbagai sumber..

Tidak ada komentar: